RSS

Pahami Kode Komponen

16 Jul

Pernahkah ketika Anda sampai di toko spare part tetapi malah bingung sendiri? Alih-alih berhasil membeli kebutuhan komponen kendaraan, kita malah bermain tebak-tebakan dengan penjual.

Mulai dari tipe mobil, tahun keluaran, kapasitas mesin, hingga ciri fisik kendaraan dijabarkan guna mendapatkan jenis barang yang dicari.

Apalagi bicara produk aftermarket yang jumlahnya sangat banyak. Padahal jika kita mau cermat, di setiap kemasan produk tertera deretan kode. Deretan angka dan huruf tersebut umumnya berlaku universal dan dijadikan sebagai petunjuk jenis sebuah onderdil. S

ehingga mestinya dengan membaca kode yang tertera Anda tak akan kesulitan mencari komponen pengganti. Nah, berikut  ini beberapa contoh kode yang tertera pada komponen pengganti.

Tentu kami tak bisa memasukkan semua karena jumlahnya yang sangat banyak. Namun kami coba padatkan sampai 6 komponen yang termasuk paling sering dicari replacement part-nya.

AKI

Kode yang biasa digunakan simpel saja walau kerap membingungkan. Ambil salah satu contoh adalah NS40LS.

Huruf N di aki ini artinya normal. Sedangkan S adalah pengurangan daya aki sekitar 20%. Angka 40 menunjukkan daya utama aki.

Kode L untuk Left, yang berarti posisi kepala aki negatif (-) berada di sisi kiri. Terakhir adalah S yang menandakan aki tersebut memiliki kepala aki atau kutub (pole) besar.

Karena ada kode S, kekuatan sebenarnya aki di atas adalah 40 Ah dikurangi 20%, atau sekitar 32 Ah. Jika aki tidak dilengkapi kode L di belakang daya, artinya kepala aki negatif berada di sisi kanan. Lainnya berkaitan dengan ukurankepala aki.

Kepala kecil hanya terdapat pada aki dengan kode awal NS dan memiliki ampere di bawah 45 Ah. Alhasil aki NS70 dengan daya aktual 56 Ah memiliki kepala aki besar.

Saat ini standar di atas mengalami perubahan kode. Japanese Industrial Standard (JIS) mengubahnya menjadi lebih simpel. Seperti NS40 menjadi 32B20R. Angka 32 menunjukkan daya aktual aki. B adalah kode untuk baterai.

Dua puluh artinya panjang aki sekitar 20 cm. Sedangkan R menunjukkan posisi kepala aki negatif di kanan.

Lain Jepang lain pula Jerman. Mereka merilis kode terdiri dari 5 digit angka. Tapi yang menjadi patokan utama adalah 3 digit pertama. Anda hanya perlu mengganti kode angka paling depan. Kode angka 5 menjadi 0, 5 menjadi 1 atau 7 menjadi 2.

Misalnya kode aki 55025 yang berarti dibaca 050 menandakan kapasitas arus listrik yang dimiliki sebesar 50 Ah, atau kode 75025 dengan kapasitas 250 Ah dari angka 7 yang diganti dengan angka 2.

BAN

Pertama yang harus dipahami adalah kode ukuran ban di dindingnya. Misalnya 195/65 R15 91H. Angka 195 menunjukkan lebar telapak ban. Tapi setiap produsen memiliki terjemahan satuan yang berbeda.

Seperti pada ban GT Radial yang memiliki lebar 201 mm untuk ban ukuran tersebut. Lalu ada kode 65 merupakan persentase ketinggian dinding ban dari lebar telapak.

Sedangkan R menandakan jenis ban Radial dan 15 menunjukkan diameter pelek 15 inci. Angka 91 menunjukkan load index alias bobot maksimal yang bisa ditanggung oleh setiap ban.

Sementara huruf H menunjukkan speed index atau kecepatan maksimum kendaraan yang diijin kan untuk tipe ban tersebut, yakni 210 km/jam.

Usahakan untuk mencari ban pengganti dengan ukuran sama agar tidak mengubah karakter asli kendaraan. Bahkan untuk load index dan speed index, bisa dicari yang satu tingkat lebih tinggi demi alasan safety.

Kendati sering dianggap remeh, carilah ban yang sudah memiliki kode SNI (Standar Nasional Indonesia). SNI menandakan ban tersebut lulus uji dan layak digunakan di sini.

Memang ada beberapa ban hanya menggunakan kode DOT sebagai standar benua Eropa. Namun jangan bangga dulu, kondisi dan karakter jalan di sana sangat berbeda dengan di Tanah Air.

LAMPU

Headlamp mobil saat ini berkutat di dua jenis, yaitu halogen dan xenon. Untuk halogen, kode yang harus diperhatikan berkaitan dengan filamen.

Mulai dari H1 sebagai versi lampu paling tua dan memiliki filamen tunggal. Untuk filamen tunggal, model yang paling banyak digunakan berkode H7 dengan teknologi lebih maju dan tingkat keterangan lebih baik.

Lampu halogen dengan filamen ganda menggunakan kode H4. Lampu ini biasa digunakan oleh mobil Jepang yang menyatukan lampu besar dan jauh dalam sebuah reflektor.

Kekuatan lampu dinyatakan dalam satuan Watt. Contoh pada filamen ganda adalah 60/55 Watt. Itu artinya untuk lampu besar (low beam) kekuatannya 55 Watt, dan lampu jauh (high beam) 60 Watt.

Lampu xenon lebih simpel karena hanya terdiri dari 3 digit dan semua berkekuatan 35 Watt. Contohnya D1R. D1 menunjukkan kode generasi pertama. Sedangkan R berarti menggunakan reflektor.

Sedangkan D1S memakai proyektor sebagai media sorot lampu. Saat ini kode lampu xenon telah mencapai D4 yang sudah bebas merkuri dengan kebutuhan daya lebih rendah.

BUSI

Pemercik api di dalam silinder ini tidak memiliki panduan kode yang sama. Masing-masing produsen membuat kode sendiri sesuai spesifikasi dan karakter busi mereka.

Contoh adalah busi Denso berkode K20PR-U yang digunakan Toyota Avanza. K adalah diameter ulir, yaitu 14 mm. Angka 20 adalah heat range, dengan rentang mulai 9 sebagai standar paling panas dan 37 paling dingin.

P menandakan ujung insulator runcing. R berarti busi menggunakan resistor (hambatan). Sedangkan U berarti pada elektroda negatif terdapat alur yang menyerupai huruf U.

Berbeda dengan NGK BKR6E dengan spesifikasi mirip Denso K20PR-U. Kode B berarti diameter ulir 14 mm. KR menandakan kunci yang dipakai untuk membuka berukuran 5/8 inci.

Angka 6 sebagai heat range, dengan angka 1-8 menunjukkan busi berkarakter panas, dan 9-14 untuk busi tipe dingin. Huruf E mencirikan panjang drat busi, yaitu 19 mm.

Itu baru untuk busi standar atau OEM. Sementara produsen busi lain memiliki kode berbeda. Seperti kode IRI pada NGK yang berarti menggunakan bahan iridium. Busi Autolite menggunakan kode XP di depan sebagai penanda bahan iridium.

Dari semua hal di atas, yang harus digarisbawahi saat mengganti busi adalah diameter ulir dan panjang drat. Diameter ulir supaya tidak menyulitkan saat melepaskan dan panjang ulir untuk menghindari resiko terkena piston saat mesin bekerja.

Tak kalah penting, tingkat pelepasan panas turut mempengaruhi performa mesin. usahakan untuk memperoleh busi pengganti dengan tingkat dingin yang setara.

Sebab bila berbeda, maka kemampuan busi untuk melepas panas di ruang bakar akan terganggu. Terlalu panas akan mudah terjadi knocking, terlampau dingin akan menye babkan terjadinya pembakaran tidak sempurna terutama saat pagi hari.

OLI

honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampupernahkah,ketika,anda,di,toko,spare,part,te,malah,bingung,sendiri,alihalih,berhasil,membeli,kebutuhan,komponen,kendaraan,kita,malah,bermain,tebakteb,penjual,mulai,tipe,mobil,tahun,keluaran,ksitas,mesin,hingga,ciri,fisik,kendaraan,dijabarkan,guna,mendtkan,jenis,barang,dicari,lagi,bicara,produk,afmarket,jumlah,bak,padahal,jika,kita,mau,cermat,di,setiap,kemasan,produk,a,deretan,kode,deretan,angka,huruf,sebut,umum,berlaku,universal,dijadikan,petunjuk,jenis,sebuah,onderdil,sehingga,mesti,membaca,kode,a,anda,tak,kesulitan,mencari,komponen,pengganti,nah,berikut,beber,contoh,kode,a,pada,komponen,pengganti,tentu,kami,tak,memasukkan,semua,jumlah,bak,namun,kami,coba,padatkan,6,komponen,masuk,paling,sering,dicari,replacement,part,aki,kode,biasa,digun,simpel,s,walau,kerap,membingungkan,ambil,salah,satu,contoh,ns40lshuruf,n,di,aki,arti,normal,segkan,s,pengurangan,daya,aki,sekitar,20,angka,40,menunjukkan,daya,utama,aki,kode,l,untuk,left,berarti,posisi,kepala,aki,negatif,berada,di,sisi,kiri,akhir,s,menand,aki,sebut,memiliki,kepala,aki,atau,kutub,pole,besar,ada,kode,s,kekuatan,sebenar,aki,di,atas,40,ah,dikurangi,20,atau,sekitar,32,ah,jika,aki,dilengkapi,kode,l,di,belg,daya,arti,kepala,aki,negatif,berada,di,sisi,kanan,lain,berkaitan,ukurankepala,aki,kepala,kecil,ha,dt,pada,aki,kode,awal,ns,memiliki,ampere,di,bawah,45,ah,alhasil,aki,ns70,daya,aktual,56,ah,memiliki,kepala,aki,besarsaat,standar,di,atas,mengalami,perubahan,kode,jnese,industrial,standard,jis,mengubah,menjadi,lebih,simpel,seperti,ns40,menjadi,32b20r,angka,32,menunjukkan,daya,aktual,aki,b,kode,untuk,baai,dua,puluh,arti,panjang,aki,sekitar,20,cm,segkan,r,menunjukkan,posisi,kepala,aki,negatif,di,kananlain,jepang,lain,pula,jerman,mereka,merilis,kode,diri,5,digit,angka,menjadi,patokan,utama,3,digit,pertama,anda,ha,perlu,mengganti,kode,angka,paling,depan,kode,angka,5,menjadi,5,menjadi,1,atau,7,menjadi,2misal,kode,aki,55025,berarti,dibaca,050,menand,ksitas,arus,listrik,dimiliki,sebesar,50,ah,atau,kode,75025,ksitas,250,ah,angka,7,diganti,angka,2,ban,pertama,harus,dipahami,kode,ukuran,ban,di,dinding,misal,19565,r15,91h,angka,195,menunjukkan,lebar,telk,ban,setiap,produsen,memiliki,jemahan,satuan,berbeda,seperti,pada,ban,gt,radial,memiliki,lebar,201,mm,untuk,ban,ukuran,sebut,ada,kode,65,merup,persentase,ketinggian,dinding,ban,lebar,telksegkan,r,menand,jenis,ban,radial,15,menunjukkan,diame,pelek,15,inci,angka,91,menunjukkan,load,index,alias,bobot,maksimal,ditanggung,oleh,setiap,ban,sementara,huruf,h,menunjukkan,speed,index,atau,kecepatan,maksimum,kendaraan,diijin,kan,untuk,tipe,ban,sebut,yakni,210,kmjamusah,untuk,mencari,ban,pengganti,ukuran,sama,agar,mengubah,karak,asli,kendaraan,bahkan,untuk,load,index,speed,index,dicari,satu,tingkat,lebih,tinggi,demi,alasan,safetykendati,sering,dianggap,remeh,carilah,ban,sudah,memiliki,kode,sni,standar,nasional,indonesia,sni,menand,ban,sebut,lulus,uji,layak,digun,di,s,memang,ada,beber,ban,ha,menggun,kode,dot,standar,benua,eropa,namun,jangan,bangga,dulu,kondisi,karak,jalan,di,sana,berbeda,di,tanah,air,lampu,headlamp,mobil,saat,berkutat,di,dua,jenis,ya,halogen,xenon,untuk,halogen,kode,harus,diperhatikan,berkaitan,filamenmulai,h1,versi,lampu,paling,tua,memiliki,filamen,tunggal,untuk,filamen,tunggal,model,paling,bak,digun,berkode,h7,teknologi,lebih,maju,tingkat,keangan,lebih,baiklampu,halogen,filamen,ganda,menggun,kode,h4,lampu,biasa,digun,oleh,mobil,jepang,metukan,lampu,besar,jauh,dalam,sebuah,reflektorkekuatan,lampu,dit,dalam,satuan,watt,contoh,pada,filamen,ganda,6055,watt,arti,untuk,lampu,besar,low,beam,kekuatan,55,watt,lampu,jauh,high,beam,60,wattlampu,xenon,lebih,simpel,ha,diri,3,digit,semua,berkekuatan,35,watt,contoh,d1r,d1,menunjukkan,kode,generasi,pertama,segkan,r,berarti,menggun,reflektor,segkan,d1s,memakai,proyektor,media,sorot,lampu,saat,kode,lampu,xenon,telah,menci,d4,sudah,bebas,merkuri,kebutuhan,daya,lebih,rendah,busi,pemercik,api,di,dalam,silinder,memiliki,panduan,kode,sama,masingmasing,produsen,membuat,kode,sendiri,sesuai,spesifikasi,karak,busi,mereka,contoh,busi,denso,berkode,k20pru,digun,toyota,avanza,k,diame,ulir,ya,14,mm,angka,20,heat,range,rentang,mulai,9,standar,paling,panas,37,paling,dingin,p,menand,ujung,insulator,runcing,r,berarti,busi,menggun,resistor,hambatan,segkan,u,berarti,pada,elektroda,negatif,dt,alur,menyerupai,huruf,uberbeda,ngk,bkr6e,spesifikasi,mirip,denso,k20pru,kode,b,berarti,diame,ulir,14,mm,kr,menand,kunci,dipakai,untuk,membuka,berukuran,58,inci,angka,6,heat,range,angka,18,menunjukkan,busi,berkarak,panas,914,untuk,busi,tipe,dingin,huruf,e,mencirikan,panjang,drat,busi,ya,19,mm,baru,untuk,busi,standar,atau,oem,sementara,produsen,busi,lain,memiliki,kode,berbeda,seperti,kode,iri,pada,ngk,berarti,menggun,bahan,iridium,busi,autolite,menggun,kode,xp,di,depan,penanda,bahan,iridium,semua,hal,di,atas,harus,digarisbawahi,saat,mengganti,busi,diame,ulir,panjang,drat,diame,ulir,supaya,menyulitkan,saat,melepaskan,panjang,ulir,untuk,menghin,resiko,kena,piston,saat,mesin,bekerjatak,kalah,penting,tingkat,pelepasan,panas,turut,mempengaruhi,performa,mesin,usah,untuk,memperoleh,busi,pengganti,tingkat,dingin,setara,sebab,berbeda,maka,kemampuan,busi,untuk,melepas,panas,di,ruang,bakar,ganggu,panas,mudah,jadi,knocking,lampau,dingin,menye,babkan,jadi,pembakaran,sempurna,utama,saat,pagi,hari,oli,ada,berubah,pengkodean,produk,pelumas,seperti,angka,0w40,menand,tingkat,kekentalan,oli,sae,demikian,grade,ditandai,kode,api,service,diikuti,abjad
sm,untuk,grade,tinggi,oli,mesin,bensin,saat,untuk,diesel
didahului,abjad,c,seperti,cf,grade,tinggipun,beg,oli,transmisi,manual,mengalami,perubahan
kode,sae,pada,umum,75w90,api,service,gl4,gl5,untuk,transmisi,otomatis,menggun,dexron,kode,klasifikasi,dexron,sebenar,metode,pengkodean,automatic,transmision,fluid,atf,buatan,general,motorsdalam,perjalanan,dexron,digun,merek,mik,transmisi,lain,untuk,klasifikasi,merekasaat,gm,sudah,memproduksi,atf,grade,dexron,vi,namun,gm,lagi,memberikan,lisensi,pada,merek,lain,berhenti,di,dexron
iii,jenis,masih,digun,untuk,transmisi,otomatis,konvensional
seperti,pada,toyota,avanzauntuk,transmisi,otomatis,lebih,modern,pabrikan,mobil,menentukan
sendiri,standar,oli,baru,mereka,seperti,toyota,tiv,ws,grade,paling,tinggi,honda,z1,mitsubishi,spiii,ford
mercon,v,atf,afmarket,beredar,di,pasar,harus,mencantumkan
kode,di,atas,jika,anda,ingin,menggun,untuk,kendaraan,kesaansementara,untuk,transmisi,sabuk,cvt,continuously,variable
transmission,menggun,cairan,pelumas,khusus,cvt,diganti,oleh,jenis,atf,di,atas,sekring,keberadaan,sekring,tabung,sudah,jarang,digantikan,oleh,sekring,model,colok,pengkodean,sekring,colok,mudah,setiap,sirkuit,pengaman,diberi,warna,sesuai,arus,listrik,maksimal,dt,diikelir,oranye,menand,batas,maksimal,arus,5,ampere,segkan,merah,mewakili,10,a,biru,untuk,15,a,warna,kuning,untuk,sekring,20,a,bening,atau,jingga,dipakai,sekring,25,a,akhir,hijau,untuk,30,a,selain,warna,di,belg,sekring,a,kekuatan,sekring,untuk,memastikan,honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampu

Tidak ada yang berubah dari pengkodean produk pelumas. Seperti angka 0W-40 yang menandakan tingkat kekentalan oli (SAE).

Demikian juga grade yang ditandai dengan kode API Service diikuti abjad SM untuk grade tertinggi oli mesin bensin saat ini. Untuk diesel didahului abjad C, seperti CF sebagai grade tertinggi.

Pun begitu dengan oli transmisi manual yang tidak mengalami perubahan kode. SAE pada umumnya adalah 75W90 dengan API Service GL-4 dan GL-5.

Tapi untuk transmisi otomatis menggunakan DEXRON sebagai kode klasifikasi. DEXRON sebenarnya adalah metode pengkodean Automatic Transmision Fluid (ATF) buatan General Motors.

Dalam perjalanannya DEXRON juga digunakan merek minyak transmisi lain untuk klasifikasi mereka.

Saat ini GM sudah memproduksi ATF grade DEXRON VI. Namun GM tidak lagi memberikan lisensi pada merek lain dan berhenti di DEXRON III. Jenis ini masih digunakan untuk transmisi otomatis konvensional seperti pada Toyota Avanza.

Untuk transmisi otomatis yang lebih modern pabrikan mobil menentukan sendiri standar oli terbaru mereka. Seperti Toyota dengan TIV dan WS sebagai grade paling tinggi, Honda Z-1, Mitsubishi SP-III dan Ford MERCON V.

ATF aftermarket yang beredar di pasar harus mencantumkan kode di atas jika Anda ingin menggunakannya untuk kendaraan kesayangan.

Sementara untuk transmisi sabuk CVT (Continuously Variable Transmission) menggunakan cairan pelumas khusus CVT dan tidak bisa diganti oleh jenis ATF di atas.

SEKRING
honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampupernahkah,ketika,anda,di,toko,spare,part,te,malah,bingung,sendiri,alihalih,berhasil,membeli,kebutuhan,komponen,kendaraan,kita,malah,bermain,tebakteb,penjual,mulai,tipe,mobil,tahun,keluaran,ksitas,mesin,hingga,ciri,fisik,kendaraan,dijabarkan,guna,mendtkan,jenis,barang,dicari,lagi,bicara,produk,afmarket,jumlah,bak,padahal,jika,kita,mau,cermat,di,setiap,kemasan,produk,a,deretan,kode,deretan,angka,huruf,sebut,umum,berlaku,universal,dijadikan,petunjuk,jenis,sebuah,onderdil,sehingga,mesti,membaca,kode,a,anda,tak,kesulitan,mencari,komponen,pengganti,nah,berikut,beber,contoh,kode,a,pada,komponen,pengganti,tentu,kami,tak,memasukkan,semua,jumlah,bak,namun,kami,coba,padatkan,6,komponen,masuk,paling,sering,dicari,replacement,part,aki,kode,biasa,digun,simpel,s,walau,kerap,membingungkan,ambil,salah,satu,contoh,ns40lshuruf,n,di,aki,arti,normal,segkan,s,pengurangan,daya,aki,sekitar,20,angka,40,menunjukkan,daya,utama,aki,kode,l,untuk,left,berarti,posisi,kepala,aki,negatif,berada,di,sisi,kiri,akhir,s,menand,aki,sebut,memiliki,kepala,aki,atau,kutub,pole,besar,ada,kode,s,kekuatan,sebenar,aki,di,atas,40,ah,dikurangi,20,atau,sekitar,32,ah,jika,aki,dilengkapi,kode,l,di,belg,daya,arti,kepala,aki,negatif,berada,di,sisi,kanan,lain,berkaitan,ukurankepala,aki,kepala,kecil,ha,dt,pada,aki,kode,awal,ns,memiliki,ampere,di,bawah,45,ah,alhasil,aki,ns70,daya,aktual,56,ah,memiliki,kepala,aki,besarsaat,standar,di,atas,mengalami,perubahan,kode,jnese,industrial,standard,jis,mengubah,menjadi,lebih,simpel,seperti,ns40,menjadi,32b20r,angka,32,menunjukkan,daya,aktual,aki,b,kode,untuk,baai,dua,puluh,arti,panjang,aki,sekitar,20,cm,segkan,r,menunjukkan,posisi,kepala,aki,negatif,di,kananlain,jepang,lain,pula,jerman,mereka,merilis,kode,diri,5,digit,angka,menjadi,patokan,utama,3,digit,pertama,anda,ha,perlu,mengganti,kode,angka,paling,depan,kode,angka,5,menjadi,5,menjadi,1,atau,7,menjadi,2misal,kode,aki,55025,berarti,dibaca,050,menand,ksitas,arus,listrik,dimiliki,sebesar,50,ah,atau,kode,75025,ksitas,250,ah,angka,7,diganti,angka,2,ban,pertama,harus,dipahami,kode,ukuran,ban,di,dinding,misal,19565,r15,91h,angka,195,menunjukkan,lebar,telk,ban,setiap,produsen,memiliki,jemahan,satuan,berbeda,seperti,pada,ban,gt,radial,memiliki,lebar,201,mm,untuk,ban,ukuran,sebut,ada,kode,65,merup,persentase,ketinggian,dinding,ban,lebar,telksegkan,r,menand,jenis,ban,radial,15,menunjukkan,diame,pelek,15,inci,angka,91,menunjukkan,load,index,alias,bobot,maksimal,ditanggung,oleh,setiap,ban,sementara,huruf,h,menunjukkan,speed,index,atau,kecepatan,maksimum,kendaraan,diijin,kan,untuk,tipe,ban,sebut,yakni,210,kmjamusah,untuk,mencari,ban,pengganti,ukuran,sama,agar,mengubah,karak,asli,kendaraan,bahkan,untuk,load,index,speed,index,dicari,satu,tingkat,lebih,tinggi,demi,alasan,safetykendati,sering,dianggap,remeh,carilah,ban,sudah,memiliki,kode,sni,standar,nasional,indonesia,sni,menand,ban,sebut,lulus,uji,layak,digun,di,s,memang,ada,beber,ban,ha,menggun,kode,dot,standar,benua,eropa,namun,jangan,bangga,dulu,kondisi,karak,jalan,di,sana,berbeda,di,tanah,air,lampu,headlamp,mobil,saat,berkutat,di,dua,jenis,ya,halogen,xenon,untuk,halogen,kode,harus,diperhatikan,berkaitan,filamenmulai,h1,versi,lampu,paling,tua,memiliki,filamen,tunggal,untuk,filamen,tunggal,model,paling,bak,digun,berkode,h7,teknologi,lebih,maju,tingkat,keangan,lebih,baiklampu,halogen,filamen,ganda,menggun,kode,h4,lampu,biasa,digun,oleh,mobil,jepang,metukan,lampu,besar,jauh,dalam,sebuah,reflektorkekuatan,lampu,dit,dalam,satuan,watt,contoh,pada,filamen,ganda,6055,watt,arti,untuk,lampu,besar,low,beam,kekuatan,55,watt,lampu,jauh,high,beam,60,wattlampu,xenon,lebih,simpel,ha,diri,3,digit,semua,berkekuatan,35,watt,contoh,d1r,d1,menunjukkan,kode,generasi,pertama,segkan,r,berarti,menggun,reflektor,segkan,d1s,memakai,proyektor,media,sorot,lampu,saat,kode,lampu,xenon,telah,menci,d4,sudah,bebas,merkuri,kebutuhan,daya,lebih,rendah,busi,pemercik,api,di,dalam,silinder,memiliki,panduan,kode,sama,masingmasing,produsen,membuat,kode,sendiri,sesuai,spesifikasi,karak,busi,mereka,contoh,busi,denso,berkode,k20pru,digun,toyota,avanza,k,diame,ulir,ya,14,mm,angka,20,heat,range,rentang,mulai,9,standar,paling,panas,37,paling,dingin,p,menand,ujung,insulator,runcing,r,berarti,busi,menggun,resistor,hambatan,segkan,u,berarti,pada,elektroda,negatif,dt,alur,menyerupai,huruf,uberbeda,ngk,bkr6e,spesifikasi,mirip,denso,k20pru,kode,b,berarti,diame,ulir,14,mm,kr,menand,kunci,dipakai,untuk,membuka,berukuran,58,inci,angka,6,heat,range,angka,18,menunjukkan,busi,berkarak,panas,914,untuk,busi,tipe,dingin,huruf,e,mencirikan,panjang,drat,busi,ya,19,mm,baru,untuk,busi,standar,atau,oem,sementara,produsen,busi,lain,memiliki,kode,berbeda,seperti,kode,iri,pada,ngk,berarti,menggun,bahan,iridium,busi,autolite,menggun,kode,xp,di,depan,penanda,bahan,iridium,semua,hal,di,atas,harus,digarisbawahi,saat,mengganti,busi,diame,ulir,panjang,drat,diame,ulir,supaya,menyulitkan,saat,melepaskan,panjang,ulir,untuk,menghin,resiko,kena,piston,saat,mesin,bekerjatak,kalah,penting,tingkat,pelepasan,panas,turut,mempengaruhi,performa,mesin,usah,untuk,memperoleh,busi,pengganti,tingkat,dingin,setara,sebab,berbeda,maka,kemampuan,busi,untuk,melepas,panas,di,ruang,bakar,ganggu,panas,mudah,jadi,knocking,lampau,dingin,menye,babkan,jadi,pembakaran,sempurna,utama,saat,pagi,hari,oli,ada,berubah,pengkodean,produk,pelumas,seperti,angka,0w40,menand,tingkat,kekentalan,oli,sae,demikian,grade,ditandai,kode,api,service,diikuti,abjad
sm,untuk,grade,tinggi,oli,mesin,bensin,saat,untuk,diesel
didahului,abjad,c,seperti,cf,grade,tinggipun,beg,oli,transmisi,manual,mengalami,perubahan
kode,sae,pada,umum,75w90,api,service,gl4,gl5,untuk,transmisi,otomatis,menggun,dexron,kode,klasifikasi,dexron,sebenar,metode,pengkodean,automatic,transmision,fluid,atf,buatan,general,motorsdalam,perjalanan,dexron,digun,merek,mik,transmisi,lain,untuk,klasifikasi,merekasaat,gm,sudah,memproduksi,atf,grade,dexron,vi,namun,gm,lagi,memberikan,lisensi,pada,merek,lain,berhenti,di,dexron
iii,jenis,masih,digun,untuk,transmisi,otomatis,konvensional
seperti,pada,toyota,avanzauntuk,transmisi,otomatis,lebih,modern,pabrikan,mobil,menentukan
sendiri,standar,oli,baru,mereka,seperti,toyota,tiv,ws,grade,paling,tinggi,honda,z1,mitsubishi,spiii,ford
mercon,v,atf,afmarket,beredar,di,pasar,harus,mencantumkan
kode,di,atas,jika,anda,ingin,menggun,untuk,kendaraan,kesaansementara,untuk,transmisi,sabuk,cvt,continuously,variable
transmission,menggun,cairan,pelumas,khusus,cvt,diganti,oleh,jenis,atf,di,atas,sekring,keberadaan,sekring,tabung,sudah,jarang,digantikan,oleh,sekring,model,colok,pengkodean,sekring,colok,mudah,setiap,sirkuit,pengaman,diberi,warna,sesuai,arus,listrik,maksimal,dt,diikelir,oranye,menand,batas,maksimal,arus,5,ampere,segkan,merah,mewakili,10,a,biru,untuk,15,a,warna,kuning,untuk,sekring,20,a,bening,atau,jingga,dipakai,sekring,25,a,akhir,hijau,untuk,30,a,selain,warna,di,belg,sekring,a,kekuatan,sekring,untuk,memastikan,honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampu

Keberadaan sekring tabung sudah sangat jarang dan digantikan oleh sekring model colok. Pengkodean sekring colok sangat mudah karena setiap sirkuit pengaman diberi warna sesuai arus listrik maksimal yang dapat dilalui.

Kelir oranye menandakan batas maksimal arus 5 Ampere. Sedangkan merah mewakili 10 A dan biru untuk 15 A.

Warna kuning untuk sekring 20 A dan bening atau jingga dipakai sekring 25 A. Terakhir adalah hijau untuk 30 A. Selain warna, di belakang sekring tertera kekuatan sekring itu untuk memastikannya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 16, 2012 in Paddock

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: