RSS

Hati-hati pakai busi platinum/iridium…. Mubazir masbro

29 Mar

Halo, sobat bikers. Bicarain pengapian lagi nih. Kalo ngomongin busi pasti sobat-sobat ngeh lah yang namanya busi racing, platinum, iridium, bla..bla..bla. Apalagi kita sebagai bikers gampang banget keracunan hal yang beginian, eh ada busi bagus tuh dari platinum or eh ada busi bagus tuh dari iridium?

Eits, tunggu dulu, jangan terus kemakan iklan ataupun rayuan SPG busi. Yup, kita harus jadi bikers yang sedikit lebih cerdas. Busi yang sekarang ini difavoritkan bikers kayak misalnya busi platinum / iridium itu justru busi yang BURUK masbro!!

Hah, boong nih, hoax ni artikel, muosokkk??

Sabar dulu, ada penjelasannya. Semua produsen rata-rata bilang bahwa busi iridium keluarannya lebih bagus
dari busi standar.Yap, busi-busi berbahan platinum dan iridium itu bagus. Tapi, nih sob ada tapinya. Bagus di daya tahan doank, yah rata-rata umurnya 2 kali busi standar lah untuk iridium, yah bisa diatasnya sih tapi performanya pasti udah menurun. Lha bung, itu katanya iridium diklaim bisa 90.000km. Hehe, sekali lagi kita dituntut lebih cerdas, masbro. Yah, memang benar kepala businya (elektroda) mungkin tahan, tetapi support system dari kepala busi itu sendiri, misal: keramik, internal elektrode-nya tidak masbro. Kalau nggak percaya, monggo saja dibuktikan sendiri, pasti kinerjanya lantas menurun…😀 *di dynokan juga boleh.

Buat motor harian? Mubazir bro😀

Nah, bagus di daya tahan, namun platinum apalagi iridium merupakan penghantar listrik yang buruk. Akibatnya arus tegangan koil anda akan tertahan dan terbuang percuma. Yah, kok bisa?? Ya itu, tadi platinum apalagi iridium merupakan konduktor yang buruk, coba deh lihat kabel listrik, nggak ada yang pake bahan-bahan ini, listriknya bakal hilang cuma-cuma di jalan, semuanya pake tembaga, yang premium pake tembaga murni yang tipiss bahkan perak.

Wah, tapi tetep bagusan busi platinum,iridium donk *ngotot.com kan tahan panas. Hehe, sob..sob. Emang tu engineer motor sama busi sekolahnya cuman sebulan. Ya enggak lah, busi yang dari tembaga/perak pun sudah didesain tahan panas ruang bakar unless mesin ente sudah di bore-up ekstrem misalnya. Ya dengan kata lain busi platinum / iridium cuman cocok dipake di motor-motor bore-up misalnya aja ya motor drag/road race gituuu. Buat motor standar, gag ada gunanya sob!!! Yang ada dompet ente bolong (*busi platinum/iridium mahal bos) sama gak ada pengaruhnya sama tenaga motor ente, malah kadang menurun. Sama satu lagi, tu busi bakalan cepet mati, bro!! Lha kok bisa, tadi katanya tahan panas. Yap, panasnya motor ente yang sutandar gag cukup buat bersihin tu platinum atau iridium yang super tahan, yang ada malah berkerak dan koit dah tu busi kecuali ente geber terus motor ente 100kpj teru-terusan, wkwkwkwk.

Nih berikut kemampuan daya hantar listrik logam mulai dari yang terbaik sampai terburuk : Perak, Tembaga, Emas, Platinum, Iridium

*Untuk kebenaran daya hantar listrik logam silahkan dibuktikan di google.com, banyak jurnal ilmiah yang sudah membahasnya (in case nggak percaya artikel ini, wkwkwk :P)

Lha terus yang busi yang bagus apa? GAMPANGGG, tuh busi yang dari dealer nemplok di MOTOR ENTE, wkwkwk. Yap, busi standar jauh lebih bagus performanya dan yang pasti harganya murah, bro. Enggak percaya, nih ada tabloid yang udah nguji. STD adalah busi standar dan peserta yang lain kesemuanya busi Iridium kecuali Splitfire. (liat pengaruhnya, cuma 0,2 detik maks, malah ada yang menurun) (harga busi bisa 9x lipat STD – Denso Iridium) Not Worth to BUY !!!!

Tabel hasil pengetesan
Akselerasi STD Denso TDR SplitFire SDG Shark
0 – 60 km / jam 5,4 detik 5,3 detik 5,3 detik 5,6 detik 5,4 detik 5,5 detik
0 – 80 km / jam 8,6 detik 8,4 detik 8,5 detik 8,8 detik 8,7 detik 8,8 detik
0 – 100 km / jam 14,5 detik 14,2 detik 14,3 detik 14,7 detik 14,6 detik 14,6 detik
0 – 100 m 8,2 detik 8,2 detik 8,2 detik 8,5 detik 8,5 detik 8,5 detik
0 – 201 m 12,5 detik 12,3 detik 12,4 detik 12,5 detik 12,6 detik 12,6 detik

*) sumber data : http://motorplus.otomotifnet.com/read/2010/04/29/10317/105/13/Lima-Merek-Busi-Motor-Adu-Taji-Bagaimana-Hasilnya

Terus klo mau ganti busi yang lebih bagus dari standar apa donk dalam meningkatkan performa mesin. Gampang!! Cari busi yang elektrodanya murni tembaga (copper), cth : autolite copper core, varso brisk atau kalau malau yang beneran super performance, pilih elektroda yang terbuat dari perak (*perak adalah satu-satunya logam yang berdaya hantar listrik lebih baik dari tembaga), cth : nology silver.tapi harganya enggak nahan sekita 200rb-an. Silahkan ente pilih, klau ane pke autolite copper/std, harga cuman 15rb. Busi iridum? Lewattttt !!!! (performanya)

Asiknya busi yang terbuat dari tembaga (std) dan tembaga murni (autolite copper) tuh harganya muuuraahhh masbro palingan cuma 11-15ribuan, hehehe tidak menyangka bukan? Yup, barang bagus tidak musti mahal kalau kita jeli😀

 

Nah, ini baru meningkatkan performa, pilih sesuai kocek sampeyan😀 (yg atas 200rb, yang bawah 15rb-an)

Nggak harus asal mahal kan??

Daripada beli busi Iridium yang nggak ngefek, malah bikin tenaga ngedrop sama cepet koit *memang gengsi doank, mending pilih busi copper yang murah, isi pertamax/shell, sama oli yang berstandar tinggi tidak harus merk mahal (inga..inga, berkualitas tidak harus mahal :D)

 

sumber:

http://kilatperak.blogspot.com

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 29, 2012 in Paddock

 

2 responses to “Hati-hati pakai busi platinum/iridium…. Mubazir masbro

  1. bozen

    Mei 16, 2012 at 11:04 pm

    asbun lo bang,…..

     
    • Ruudi santoso

      Agustus 14, 2012 at 6:48 am

      maap mas bro…bukan asbun..saya hanya mengutip dari blog tetangga sebelah..khn ada kutipannya..masalah setuju atau tidak setuju saya serahkan kepada mas bro saja bagaimana menilainya. karena blog ini saya buat adalah untuk berbagi pengalaman saja bukan menggurui mas bro…thanks atas comment..

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: