RSS

Torakusu Yamaha – Pendiri Yamaha

23 Feb

Torakusu Yamaha adalah tokoh populer dalam dunia bisnis dan koorporasi internasional asal Jepang. namanya disejajarkan dengan Konosuke Matsushita – Pendiri Panasonic, Sakichi Toyoda (Pendiri Toyota), Yataro Iwasaki (Pendiri Mitsubishi) dan Akio Morita – Pendiri Sony. Beliau adalah pendiri Yamaha Coorporation, raksasa sepeda motor asal Jepang yang brand terkenal dalam dunia otomotif dan industri music. Lahir 20 April 1851 dan meninggal pada usia 65 tahun tepatnya 8 Agustus 1916. Sejak muda Torakusu Yamaha telah berkecimpung dalam dunia ilmu pengetahuan terutama bidang astronomi, mekanika dan teknik. Ia berguru pada ahli asal Inggris yang memberinya peluang untuk magang di sekolah kedokteran Jepang di Kota Nagasaki. Disini Yamaha bekerja sebagai mekanik peralatan kedokteran.

Suatu hari Yamaha diminta sekolah tersebut memperbaiki alat music organ. Ia merampungkan pekerjaannya dengan sempurna, dan pekerjaan tersebut mengilhaminya mendirikan perusahaan alat music terutama organ. Cita-citanya terealisasi tahun 1887 dengan keberhasilannya mendirikan Yamaha Manufacturing Company, produsen pertama dari alat-alat musik Barat di Jepang. Pada 1889, perusahaan itu mempekerjakan 100 orang dan menghasilkan 250 organ setiap tahun.Tahun 1899, Kementrian pendidikan Jepang mengirim Yamaha ke Amerika Serikat untuk belajar membuat piano. Setelah itu, Perusahaan Nippon Gakki (tempat Yamaha bernaung) mulai membuat piano tahun 1900 dan menghasilkan piano pertama pada tahun 1902 dengan desain, bahan dan arsitektur yang lebih moderan. Piano buatan Yamaha kemudian mendapat penghargaan pada pameran World’s Fair di tahun 1904 Di St Louis sebagai piano dengan desain terbaik. Selain Piano, Yamaha juga terampil membuat harmonica. Yamaha memperkenalkan harmonika pertama dan mulai mengekspor harmonicas di seluruh dunia. Yamaha terus memperluas ke bidang music seperti gitar acoustic dan akordion.

Selama Perang Dunia II, Nippon Gakki Coorporation memproduksi baling-baling untuk pesawat-pesawat tempur, tangki bahan bakar, bagian sayap pesawat, hingga akhirnya tidak memproduksi lagi peralatan music. Namun pada tahun 1948 indutri peralatan music kembali bergairah. Sampai pada tahun 1950-an, Yamaha menjadi produsen terbesar alat music piano, komponen audio, dan record player.

Yamaha terus berkembang dalam dunia otomotif memproduksi sepeda motor dengan prototype Yamaha YA-1 yang selesai bulan Agustus 1954. Nama ini diambil untuk menghormati pendiri Yamaha, Sepeda ini didukung oleh udara-cooled, 2-stroke, 125 cc single silinder mesin. Prototipe diuji menempuh jarak 10.000 km, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Keberhasilan YA-1 menyebabkan berdirinya Yamaha Motor Co, Ltd tanggal 1 Juli 1955 dengan memproduksi 200 unit per bulan. Pada tahun yang sama, di YA-1 memenangkan kelas 125cc di dua acara balapan terbesar di Jepang, ke-3 Mt.

Tahun 1956, Yamaha memproduksi motor YC1 dengan isi silinder 175cc. Disusul tahun 1957, memproduksi motor bermesin 250 cc, dua-stroke kembar, dengan tipe YD1. Tahun 1958, Yamaha menjadi perusahaan sepeda motor Jepang pertama yang berpartisipasi di arena balap internasional, dan memenangkan 6 podum di Grand Prix di Amerika Serikat. Pada Bulan Oktober 1987, pada ulang tahun ke 100, Yamaha mengubah nama perusahaan menjadi The Yamaha Corporation. Pada tanggal 1 Februari 2008, Bösendorfer Klavierfabrik GmbH mulai beroperasi sebagai anak perusahaan dari Yamaha Corporation. Yamaha telah menjadi produsen terbesar di dunia alat musik (termasuk “diam” piano, drum, gitar, biola, violas dan celli), serta produsen terkemuka semikonduktor, audio / visual, produk-produk terkait komputer, barang olahraga, rumah tangga dan perabotan, khusus logam, peralatan mesin, dan robot industri. Yamaha memiliki banyak anak perusahaan dan afiliasinya di pasar luar negeri di samping sejumlah perusahaan terkait di Jepang. Yamaha juga memiliki dan mengoperasikan beberapa fasilitas resort di Jepang yang menyediakan pelanggan menikmati waktu luang dakam kegiatan yang melibatkan produk-produk Yamaha, termasuk golf, motor sport dan musik. Hingga kini Perusahaan lain dalam grup Yamaha meliputi: Yamaha Motor Company, Yamaha Bike Technologies Co, Ltd, Livingtec Yamaha Corporation, Metanix Yamaha Corporation, Yamaha Pro Audio.

Referensi: gbiografi.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 23, 2012 in Biografi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: