RSS

Sistem Kelengkapan Mobil

15 Sep

Bagian kelengkapan mesin ada 6 sistem
1.Sistem Pengapian
2.Sistem Bahan Bakar
3.Sistem Pelumasan
4.Sistem Pendinginan
5.Sistem Pengisian
6.Sistem Starter

 

 

  1. SISTEM PENGAPIAN
a. Accumulator/Baterai : menyimpan Strom
b. Fuseblink/Sikring : pengaman bila terjadi konsleting
c. Kunci kontak/swich kontak
d. Coil : meningkatkan voltage dari 12 V ke 20.000 V
e. Distibutor/Delko : pembagi arus listrik dari koil ke busi
f.  Lotor : pembagi arus listrik di dalam Distributor
g. Vacum Advencer : menyesuaikan kerenggangan Platina sesuai kecepatan putaran mesin
h. Condensator/Kondensor : meredam arus listrik yang masuk ke platina
i. Platina : pemutus dan penghubung arus listrik dalam putaran langkah
j. Busi/Sparkplug : pematik api di dalam ruang bakar
k. KTT/kabel busi : KTT dari Coil ke Delko dan ke Busi

 

  2. SISTEM BAHAN BAKAR
a. Fuel Tank/Tangki bahan bakar : menyimpan bahan bakar
b. Selang Bensin : meyalurkan bahan bakar dari tangki ke Karbulator
c. Filter/Saringan Bensin : menyaring kotoran dari bensin
d. Fuel Pump/Pompa bensin :memompa bensin dari tangki ke Karbulator
e. Filter/Saringan Udara : menyaring udara yang masuk ke karbulator
f. Karbulator : mencampur bensin dan udara menjadi uap bensin
g. Intake Manifold : ruang pengabut uap bensin yang bercampur udara
h. Silinder Blok : ruang bakar di dalam blok mesin

3. SISTEM PELUMASAN
a. Oil Pan/Tanki Oli/Tutup Karter : menyimpan oli/pelumas di dalam panci oli
b. Oil Filter/Saringan Oli ke 1 : menyaring oli pada pompa di dalam panci oli
c. Oil Pump/Pompa Oli : memompa dan menaikan oli di dalam panci oli
d. Oil Hole/Saluran Oli : saluran oli yang ada pada mesin
e. Oil Filter/Saluran Oli ke 2 : saringan oli yang ada pada blok mesin bagian luar

4. SISTEM PENDINGINAN
a. Radiator : tempat proses pendinginan air
b. Fantilator/Kipas : untuk menghisap udara panas pada Radiator
c. Pulley/Puli Kipas : dudukan kipas dan tali kipas
d. Fan Belt/Tali Kipas : meneruskan putaran dari poros engkol
e. Water Pump/Pompa Air : memompa/menyalurkan /mensirkulasikan air
f. Water Jacket/Kantung Air : saluran air yang ada pada blok mesin
g. Thermosstat : pengukur suhu panas mesin dan sebagai katup otomatis
h. Selang Fleksibel/Selang Radiator : Saluran air dari Ladiator ke mesin

5. SISTEM PENGISIAN
a. Alternator/Dinamo Jalan : menghasilkan listrik
b. Regulator/Cut Out : mengtur pengisian Accumulator
c. Ampere Meter : mengatur pengisian voltage pada accumulator
d. Accumulator/Baterai/aki : menyimpan strom/listik(power)

 

6. SISTEM STARTER
a. Accumulator/Baterai/Aki
b. Kunci Kontak/Swich Kontak
c. Motor Starter/Dinamo Starter

Sumber:

http://live-otomotif.blogspot.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 15, 2011 in Paddock

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: