RSS

Jadwal pemeliharaan rutin

13 Agu

Air Filter

Saringan udara sangat mudah dijangkau, mudah dilepas dan diperiksa.  Biasanya terdapat dalam suatu tempat berbentuk kotak atau bulat dengan dua saluran dimana salah satu dihubungkan ke mesin dengan sebuah selang dan yang lain langsung berhubungan dengan udara terbuka.   Peletakannya tidak jauh dari mesin.

Baterai
Sering dilupakan, dalam memeriksa baterai pakailah alat-alat pelindung karena baterai menghasilkan gas yang bisa meledak.  Jangan merokok, menyalakan api saat berada disekitar baterai dan sekali lagi selalu pergunakan kaca mata pelindung serta kaus tangan.  Pemeriksaan baterai sebaiknya dilakukan setiap melakukan penggantian oli mesin.  Pemeriksaan dilakukan terhadap kabel dan kutub-kutubnya, apakah kabel terikat kuat apakah ada karat pada kutubnya.  Bila kabel kendor segera kencangkan dan bersihkan karat putih dengan air panas dan siram dengan air dingin semua bagian yang terkena percikan air panas. Air panas yang bercampur asam sangat korosif jadi harus dibersihkan.  Lihat permukaan airnya, bila kurang tambah dengan air destilasi sampai batas full.  Jangan melebihi batas tersebut.

Belt
Belt atau tali kipas harus diperiksa secara rutin setiap bulan sekali, sekalian dengan pemeriksaan selang-selang.  Ganti belt yang retak-retak, kering atau sudah terkelupas.  Bila kendor kecangkan dengan tegangan sekitar 1,5cm bila belt ditekan diantar kedua pulinya.  Mobil yang telah dilengkapi dengan tensioner tidak perlu dilakukan penyetelan.  Bila selang yang ada di ruang mesin terlihat telah melunak atau mengeras atau terlihat sudah rusak segera ganti.

Brake Fluid
Minyak rem atau brake fluid harus diperiksa setiap bulan.  Saat pemeriksaan bersihkan debu dari penutup tabung minyak rem, setelah bersih baru boleh dibuka tutupnya.  Periksa apakah tingginya cukup bila kurang segera tambah dengan minyak rem yang sesuai.  Bila sering terjadi penurunan minyak rem segera periksa dari kemungkinan terjadinya bocor.  Isi minyak rem sebatas garis yang ada dipenampungnya.  Jangan sampai tumpah atau terlalu penuh, minyak rem dapat merusak cat mobil Anda.

Engine Oil
Engine oil atau oli mesin  diperiksa setiap kita melakukan pemeriksaan terhadap bagian lain yang ada di ruang mesin.  Caranya cabut batang pengukur oli dan bersihkan.  Setelah bersih masukan kembali kelubangnya sampai benar-benar masuk dan cabut kembali.  Periksa, bila oli terlihat berada pada garis bawah atau garis low, tambah oli.  Pelumas yang mencukup akan menjaga kinerja mesin selalu dalam kondisi prima.   Umumnya penggantian oli dilakukan setiap 5.000 km atau setiap 3 bulan sekali, mana yang lebih dulu tercapai.   Oli pada umunya dirancang untuk pemakaian sejauh 5.000 km atau selama 3 bulan.  Bila penggantian dilakukan terlalu cepat tidak ada masalah, tapi ini merupakan pemborosan.  Bila terlalu lama, kinerja pelumas sudah menurun kemungkinan kerusakan mesin menjadi lebih besar.

Exhaust
Sistem saluran gas buang exhaust pipe perlu diperiksa secara berkala walau waktunya tidak dipastikan, setiap berapa lama sekali.  Pemeriksaan dilakukan mulai dari kolong mobil, periksa dari kemungkinan adanya klem pipa yang lepas atau rusak.  Periksa pula kebocoran pipa gas buang, kebocoran sering terjadi akibat terjadi benturan atau karat.   Ganti bagian yang rusak atau bagian yang berkarat.  Bila semua terlihat baik, masih seputar gas buang periksakan emisi gas buang setiap tahun sekali.  Periksa apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak.

Light
Lampu-lampu, apakah semua berfungsi dengan baik termasuk lampu rem, lampu belok dan lampu hazard.  Selalu sediakan lampu dan sikring cadangan di mobil Anda.

Oli Filter
Untuk menjaga kinerja mobil Anda pastikan dilakukan penggantian oli setiap 5.000 km atau setiap 3 bulan, mana yang tercapai duluan.  Ganti filter oil setiap penggantian oli mesin.

Power Steering Fluid
Periksa cairan power steering setiap bulan sekali.  Caranya sangat mudah buka tutup penampung dan lihat batang pengukurnya.  Bila kurang segera tambah, selain itu periksa semua bagian pompa dan selang-selangnya dari kemungkinan terjadinya kebocoran.

Shock Absorber
Shock absorber atau peredam kejut perlu diperiksa, pertama periksa kemungkinan adanya kebocoran.  Ganti bila ternyata bocor.  Langkah berikutnya goyang atau tekan bodi mobil, bodi mobil harus berhenti bergoyang begitu Anda berhenti menekannya.  Catatan, peredam kejut harus diganti kiri dan kanan secara bersamaan.

Tire
Ban harus dijaga tekakannya sesuai dengan rekomendasi pembuat ban atau standar yang diberikan pabrikan mobil.  Untuk itu, sebaiknya setiap pemilik mobil memiliki alat ukur sendiri.  Alat ini mudah disimpan dan tidak mahal tapi sangat bermanfaat.  Periksa ban dari kemungkina aus tidak merata, ban pecah atau gompal-gompal.  Keausan yang tidak normal bisa disebabkan oleh stelan ban atau spooring yang tidak tepat atau ban sudah tidak balans.  Lakukan rotasi, pertama pada  7.500 km selanjutnya setiap 10.000 km.

Transmission Fluid
Transmission fluid, oli persneling harus diperiksa setiap bulan sekali bila Anda mempergunakan persneling otomatis, bila mempergunakan persneling manual bisa dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin.  Pemeriksaan oli persneling otomatis dilakukan lewat batang pengukur oli.  Pemeriksaan dilakukan saat mesin hidup dan panas serta rem tangan aktif.  Pindahkan tuas pada posisi Drive kemudian posisi Park, cabut batang pengukurnya dan lap.  Masukan kembali dan cabut, periksa ketinggian olinya.  Bila diperlukan tambah dengan oli yang sesuai.  Perhatian: Jangan mengisi terlalu penuh.

Washer Fluid
Air pembersih kaca harus tersedia dalam keadaan penuh.  Saat mengisi periksa juga arah semburannya dan kemungkinan lubang tersumbat.

Wiper Blade
Periksa karet kipas pembersih kaca apakah masih menapak dengan baik hingga mampu membersihkan kaca dengan sempurna.  Jangan tunggu karet rusak parah atau terlepas dari dudukannya, sedikit kering atau cacat segera ganti.  Karet yang rusak dan kering akan menyebabkan kaca tergores.   Karet pembersih kaca sebaiknya diganti setiap tahun sekali, atau segera begitu terlihat rusak.

 

Sumber:

http://www.mobilmotor.co.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 13, 2011 in Paddock

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: