RSS

Cara memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil

13 Agu

Sistem kekebalan bertugas untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit. Namun, anak-anak tidak terlahir dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga perlu cara memperkuatnya agar anak tidak mudah terkena penyakit.

Ketika tinggal di dalam rahim ibu, calon bayi berada di lingkungan yang sangat dilindungi. Tapi saat ia keluar, berbagai virus dan bakteri akan menunggu. Itulah alasan mengapa bayi lebih sering jatuh sakit.

Ketika makin tumbuh, sistem kekebalan tubuh akan tumbuh lebih kuat jika input yang diberikan tepat. Namun bila perlindungan yang diberikan terlalu berlebihan, maka bisa berakibat tidak baik karena justru bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat kekebalan tubuh si kecil, seperti dilansir Lifemojo, Selasa (9/8/2011):

1. ASI eksklusif
Secara alami tubuh ibu telah dianugerahi ASI yang cukup untuk dapat meningkatkan antibodi dan sel darah putih yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Ibu perlu untuk menyusui bayi setidaknya pada 6 bulan pertama secara eksklusif.

2. Makanan segar
Makanan segar seperti buah dan sayur kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila Anda ingin memberi anak makanan kecil, maka berilah buah-buahan seperti apel, jeruk dan buah-buahan musiman lainnya, bukan biskuit atau keripik.

3. Hindari junk food dan makanan olahan
Berbagai bahan kimia dan aditif hadir dalam makanan olahan memiliki kapasitas membahayakan untuk sistem kekebalan tubuh.

4. Olahraga
Olahraga adalah penambah kekebalan yang jitu untuk anak-anak. Anak-anak tidak boleh terpaku di depan TV setiap kali mereka berada di rumah. Daripada menyuruh mereka pergi dan bermain sementara Anda menonton TV, lebih baik mengatur beberapa kegiatan olahraga bersama anak. Dengan cara ini, akan menjadi waktu keluarga dengan ikatan yang baik dan energik. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Menanamkan kebersihan diri
Kebiasaan mencuci tangan setelah dari toilet, ketika tangan terlihat kotor, sebelum makan atau menyentuh makanan harus ditanamkan pada anak sejak dini. Hal penting lain, orangtua harus memperhatikan untuk mengganti sikat gigi anak lebih sering. Sikat gigi adalah pembawa kuman dan membutuhkan penanganan higienis.

6. Tidur cukup
Anak-anak memerlukan tidur lebih dari dewasa untuk tetap sehat. Jika kurang tidur dapat membuat orang dewasa kurang optimal dan menurunkan sistem kekebalan tubuh, hal itu juga akan mempengaruhi kekebalan anak-anak. Menurut para ahli, anak prasekolah membutuhkan 10 jam tidur, balita 12 sampai 13 jam, dan bayi baru lahir 18 jam tidur.

(mer/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 13, 2011 in Next Generation

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: