RSS

7 Manfaat kesehatan tersembunyi dari punya anak

13 Agu

Memiliki anak merupakan harapan bagi pasangan yang menikah. Selain melengkapi kehidupan rumah tangga, punya anak ternyata memiliki manfaat kesehatan yang belum banyak orang tahu. Apa saja?

Tak hanya membuat rumah ramai, kehadiran anak ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Berikut 7 manfaat kesehatan dengan memiliki anak, seperti dilansir Foxnews, Selasa (9/8/2011):

1. Punya anak dapat menurunkan tekanan darah
Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Brigham Young University menemukan bahwa menjadi orangtua benar-benar dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Peneliti mempelajari 200 pria dan wanita menikah untuk monitor tekanan darah selama 24 jam dan menemukan bahwa pasangan yang memiliki anak secara signifikan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tanpa keturunan.

2. Anak membuat Anda tetap waras
Berlawanan dengan kepercayaan populer, anak-anak tidak selalu membuat orangtua gila. Bahkan, peneliti di Taiwan’s Mental Health Foundation mengklaim bahwa anak-anak bisa membuat orangtua tetap secara mental.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki anak lebih bahagia, memiliki kepuasan yang lebih besar dan kesejahteraan emosional daripada yang tanpa anak,” kata Tom Yang, peneliti utama studi tersebut.

3. Anak membuat Anda lebih aktif bergerak
Anak-anak terlibat dalam jenis kegiatan aktif dan menyehatkan sepanjang hari. Dengan bergabung dengan mereka, maka Anda juga akan ikut aktif bergerak dan membakar kalori.

4. Anak membuat Anda lebih bahagia
Sebuah studi yang dilakukan oleh Max Planck Institute for Demographic Research menemukan korelasi langsung antara anak dan kebahagiaan bagi orang tua di atas usia 40 tahun. “Anak-anak mungkin menjadi investasi jangka panjang dalam kebahagiaan,” kata Mikko Myrskyla, penulis penelitian.

5. Anak membuat Anda punya banyak pengetahuan
Siapapun yang memiliki anak pasti tahu kata favorit yang dipertanyakan anak, yaitu ‘mengapa?’. Anak-anak selalu ingin tahu banyak hal dan tentunya ini akan membuat Anda harus membaca banyak buku untuk memberikan jawaban terbaik untuknya.

6. Anak membuat Anda lebih seksi
Setiap ayah akan diberitahu bahwa tidak ada cara yang lebih baik untuk menarik perhatian lawan jenis dibandingkan dengan berjalan melalui taman dengan bayi yang menggemaskan. Kebanyakan wanita menanggapi lebih besar ayah yang berdedikasi dan memiliki kedewasaan dengan menggendong bayi dipinggangnya.

7. Anak meningkatkan harga diri
Siapapun yang memiliki anak tahu kepuasan yang didapatkan dari pernyataan positif yang dapat meningkatkan harga diri. Misalnya ‘ibu terbaik di dunia’ dan ‘ayah terbaik di dunia’.

(mer/ir)

Redaksi: redaksi[at]detikhealth.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 13, 2011 in Family

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: