RSS

Malaikat Agung

13 Agu

Roman Catholic:

1. Gabriel : penjaga sakramen baptis

Gabriel berarti “Tuhan kemenanganku”. St. Gabriel dianggap sebagai utusan khusus untuk menyampaikan pesan-pesan Tuhan kepada manusia. Namanya dicatat dalam Kitab Daniel 8:16; 9:21 sebagai utusan untuk menjelaskan penglihatan-penglihatan yang diperoleh Daniel. Dalam Injil Lukas, dikisahkan Gabriel menyampaikan berita kelahiran Yohanes Pembaptis kepada Zakharia serta menyampaikan kabar sukacita kelahiran Yesus, Tuhan dan Penyelamat kita, kepada Bunda Maria.

Gbra = pelindung, perkasa, benteng.

El = Allah, Tuhan, Eloah.

Secara hurufiah bisa berarti:

  • pelindung-Tuhan
  • perkasa-Tuhan
  • benteng-Tuhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Michael : penjaga sakramen suci ekaristi

St. Mikhael adalah Panglima Perang Balatentara Surgawi.
Namanya berarti “Siapa dapat menyamai Tuhan?” yaitu pertempuran dahsyat bala tentara surgawi melawan pemberontakan Lucifer, si raja iblis.
St. Mikhael beberapa kali ditampilkan dalam Kitab Suci, baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Dalam Kitab Daniel bab 10 dikisahkan bagaimana Mikhael menenangkan hati Daniel setelah Daniel memperoleh suatu penglihatan. Mikhael berjanji untuk menjadi penolongnya dalam segala hal. Dalam Kitab Daniel bab 12, Mikhael disebut sebagai “pemimpin besar  yang akan mendampingi anak-anak bangsa pilihan Tuhan.”Dalam Kitab Yudas ayat 9 diceriterakan bagaimana Mikhael bertengkar dengan iblis mengenai mayat Musa. Dalam Kitab Wahyu bab 12, Yohanes menggambarkan pertempuran besar di surga di mana Mikhael berhasil menghalau para malaikat yang memberontak dari surga. Oleh karena kemenangannya itu, Gereja Katolik mengangkatnya sebagai Pelindung Gereja. Malaikat Agung St. Mikhael biasa dilukiskan berpakaian baju baja, membawa tombak dan kakinya menginjak leher seekor naga.   
Gereja memohon pertolongannya bagi orang-orang yang menghadapi ajal, perlindungan dalam peperangan, pengakuan dosa, dan menghantar jiwa-jiwa dari api penyucian menuju surga. St. Mikhael kelak akan menjadi pelindung orang-orang Kristen pada masa anti-Kristus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Rafael : penjaga sakramen tobat

Rafael berarti “Tuhan menyembuhkan”. Namanya disebutkan dalam Kitab Tobit, di mana dikisahkan Rafael menyamar sebagai manusia untuk menemani seorang pemuda bernama Tobia dalam suatu tugas serta memberikan obat kepadanya guna menyembuhkan mata ayahnya yang buta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Uriel : penjaga sakramen krisma

Ia membawa pedang kebenaran bagi prajurit Kristus, yaitu kita melalui sakramen ini. Api mengingatkan akan turunnya Roh Kudus pada pentekosta dan bara yang merupakan karunia Roh Kudus. Mengingatkan kita jika hati harus dibakar dengan cinta tersuci pada Tuhan seperti para seraphim, seperti Hati Suci Yesus dan Maria. Santo Uriel membawa neraca yang melambangkan penilaian tindakan kita. Itu juga melambangkan neraca milik Keadilan Sejati yang akan menimbang kita di hari penghakiman. Dia kurang dikenal dalam alkitab, tapi ada lukisan Maria dan Yesus yang lagi mainan sama Uriel. Malaikat agung Uriel yang memerintah Pemerintahan dan Kedamaian. Namanya dapat berarti Cahaya Tuhan. Uriel membawa pedang yang menjaga Taman Eden. Wujudnya adalah seorang laki-laki yang membawa pedang menyala. Dalam kitab Enoch ia dipanggil malaikat Petir dan Terror. Dia diidentifikasi sebagai Seraphim dan Cherub sekaligus, ia dikenal dalam kitab Wahyu yang memanggil para burung untuk membinasakan para Iblis, yang memperingatkan Nuh akan air bah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Cammuel

Orang Yang Melihat Tuhan”, ia adalah malaikat cinta dan penjaga pintu Surga. Ia adalah kepala dari Order Kekuatan dan memiliki wujud sebagai prajurit dengan sayap hijau besar, berpakaian kulit merah dan armor hijau, berhelm besi.

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Sealtiel : penjaga Misa Ekaristi Suci

Ia membawa dupa melambangkan doa dan penyerahan pada Pengorbanan Tuhan dalam misa.

“Dan malaikat lain datang dan berlutut di dean altar dengan pedupaan emas, dan disana diberikan padanya pedupaan, yang berisi doa semua santo dan santa di depan altar emas, dekat dengan Singasana Tuhan. Asap doa para santo dan santa dari pedupaan naik dari tangan para malaikat itu” Wahyu 8:3-4

 

 

 

 

 

 

 

 

7. Yehudiel : Penolong Sakratul Maut dan Sakramen Perminyakan Suci

Yehudiel membawa sebuah mahkota yang membara, melambangkan penebusan dan belas kasih Tuhan dan mahkota kemenangan yang menunggu di kehidupan selanjutnya. Juga melambangkan penderitaan kita yang ditanggung dalam diri Tuhan Yesus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Malaikat lainnya

Jophiel (Kecantikan Tuhan) adalah salah satu dari Cerubhim, Jophiel dikenal akan tindakannya mengusir Adam dan Hawa setelah mereka berdua makan buah terlarang. Ia juga bertugas menjaga Pohon Kehidupan dari sebelah kanan dengan menggunakan pedang api yang mencegah manusia untuk menerobos masuk.

Metatron adalah malaikat dengan tubuh paling tinggi dan saudara kembar Malaikat Agung Sandalphon. Ia muncul dalam bentuk cahaya sempurna terang, namun ia kadang menunjukkan diri dalam bentuk malaikat api dengan 36 sayap dan memegang gulungan.

Raguel (Teman Tuhan) adalah bagian dari Order Keutamaan. Ia bertugas mengawasi tingkah laku sesame malaikat. Ia merupakan malaikat es dan salju, yang mengkomando malaikat lain dalam Pengadilan Terakhir.

Raziel (Rahasia Tuhan) adalah salah satu dari Cerubhim dan diberi anugrah mengenai pengetahuan yang masih misteri. Malaikat Rahasia dan Misteri ini membantu Enoch dan memberi petuah pada Nuh saat membangun kapal raksasa, namun Nuh tidak menulisnya. Ia adalah kepala dari Order Tahta.

Remiel (Belas Kasihan Tuhan) adalah penguasa para jiwa yang menanti kebangkitan. Malaikat ini membawa jiwa-jiwa untuk diadili. Remiel berarti Tuhan Yang Membangkitkan. Ia juga malaikat harapan. Ia adalah malaikat yang dapat menunjukan penglihatan yang sebenarnya, karena ia pernah memberikan penglihatan pada Baruk untuk menghancurkan musuhnya yang bernama Senaserib. Ia memimpin jiwa yang baik menuju surga bersama dengan Mikael. Ia adalah kepala dari Order Keutamaan, namun ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari Fallen Angel…

Sandalphon memiliki tubuh sangat tinggi dan berpakaian hitam, pakaian yang terbuat dari energi murni. Namanya berarti “saudara laki-laki” dan merupakan saudara kembar Malaikat Metatron. Ia adalah kepala koor surgawi yang bertugas sebagai composer.

Sariel (Perintah Tuhan) yang bekerja bersama Raquel. Seraphim ini mengontrol maut dan kematian, mungkin ia adalah malaikat maut dalam Islam. Ia juga penyembuh seperti Raphael, malaikat pengetahuan, dan Jendral Balatentara Surga (karena itu jaman dahulu namanya diukir dalam tameng setiap kerajaan yang akan berperang). Meskipun tidak ada catatan pasti, ada yang mengatakan jika ia adalah salah satu dari malaikat pemberontak.

Zadkiel (Kebenaran Tuhan adalah kepala dari Keutamaan. Ia juga dianggap sebagai malaikat belas kasih. Ia adalah malaikatt yang menahan tangan Abraham supaya tidak mengorbankan anaknya. Ia juga merupakan anak buah Mikael (bersama dengan Zophiel) dalam memimpin balatentara surga.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 13, 2011 in Religious

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: