RSS

6 Superfood di sekitar kita

13 Agu

Superfood adalah setiap jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Ada banyak sekali jenis buah-buahan dan sayuran yang termasuk sebagai makanan hebat dan super, dan beberapa di antaranya dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket ataupun pedagang sayur keliling.

Acai berry memang diakui memiliki tingkat antioksidan dan kandungan mineral yang luar biasa, tetapi tidak mudah untuk menemukannya di pasaran. Jenis rumput laut seperti spirulina adalah salah satu makanan super, tapi beberapa dari Anda mungkin sedikit kesulitan untuk menemukan spirulina yang masih segar.

Berikut ini adalah daftar superfood yang mudah Anda dapatkan di supermarket, toko buah dan sayur, bahkan pedagang sayur keliling:

  1. Wortel
    Wortel adalah salah satu sumber vitamin A terbaik yang sangat bermanfaat untuk organ penglihatan. Selain itu, wortel juga merupakan sumber dari beberapa vitamin dan gizi lainnya, yaitu vitamin K, vitamin C, serat, kalium, mangan, dan vitamin B6. Vitamin C dan A merupakan sumber antioksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Strawberry
    Sebenarnya semua jenis berry telah memiliki kemampuan yang baik sebagai antioksidan, tetapi jenis berry lainnya agak sulit untuk ditemukan di pasaran di Indonesia. Strawberry kaya akan vitamin A, C, dan K serta mengandung mineral penting seperti folat, kolin, serat, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.
  3. Bayam
    Kandungan gizi dari superfood berwarna hijau tua ini telah diakui sebagai salah satu yang terbaik. Bayam merupakan “gudang” zat-zat penting yang berguna bagi tubuh, seperti: mangan, folat, magnesium, besi, kalsium, kalium, dan tryptophan. Bayam juga mengandung vitamin A, K, C, dan B2. Warna hijau tua dari bayam memiliki keistimewaan karena mengandung antioksidan yang sangat khas.
  4. Jamur
    Jamur adalah ciptaan alam yang paling unik karena mereka bukanlah tanaman sungguhan yang bahkan tidak memiliki akar. Jamur adalah anggota dari keluarga fungi. Anda tidak perlu meragukan kehebatan jamur karena semua jenis jamur mengandung kandungan gizi yang tinggi seperti selenium, vitamin B kompleks, tryptophan, tembaga, dan kalium bersamaan dengan fitonutrien. Jamur memiliki kekuatan antioksidan hebat untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas berbahaya.
  5. Ubi Jalar
    Jenis umbi-umbian yang satu ini memang termasuk makanan yang sangat bergizi. Warna oranye di dalamnya mengandung beta-karoten yang berguna untuk pengolahan vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C, kolin, dan serat, serta memiliki kandungan protein-antioksidan yang sangat berkualitas tinggi. Ubi jalar sangat mudah untuk diolah sebagai menu makanan yang bergizi, salah satunya bisa direbus maupun digoreng.
  6. Ikan Salmon
    Ikan salmon merupakan makanan super, yang mengandung asam lemak esensial Omega-3 yang membentuk sebagian besar otak manusia. Salmon mengandung berbagai nutrisi seperti: tryptophan, vitamin D, Omega-3, selenium, protein, dan vitamin B. Namun, penting untuk Anda ketahui juga bahwa hampir semua ikan merupakan sumber vitamin D dan Omega-3 yang baik.

Sumber:

http://duniafitnes.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 13, 2011 in Family

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: